Life is for Exam

Ciri Orang Munafik

Posted in Diary, Islami by hamidin on July 10, 2007

Assalamu’alaikum

Apa’ Idi mau menceritakan tentang intisari ta’lim pada hari Minggu 24 Juni 2007, menurut Apa’ Idi sangat bagus sekali dan menjadi timbul pertanyaan “Apakah kita termasuk dalam golongannya ?”

Setiap minggu ba’da maghrib Apa’ Idi berusaha untuk mengikuti ta’lim di musholla dekat rumah, alhamdulillah setiap mengikuti selalu mendapat ilmu yang sangat berguna buat diri sendiri dan insyaAllah berguna juga bagi yang membaca blog ini.

Pak Budi atau ustadz Budi (yang mengajar / meneruskan ilmu pada ta’lim tersebut) memberitahu ciri dari orang munafik itu ada 3, yaitu :

  1. Orang yang suka berbohong
  2. Orang yang suka berkhianat jika di berikan amanah
  3. Orang yang suka ingkar jika berjanji

Hmm.. sekilas sih isinya biasa dan.. biasa lah. Namun coba kalau ke 3 hal itu kita renungi lebih seksama dan mendalam … wah ternyata sangat dalam sekali maknanya.

Sekarang begini…, jika kita bertanya pada diri kita sendiri, apakah selama hidup kita ini selalu berbicara jujur ?, meneruskan amanah yang di berikan kepada kita ? dan apakah kita selalu menepati janji ?

Mungkin jawabannya ada yang iya dan ada yang tidak. Sejujurnya yang mengetahui diri kita hanyalah Allah dan diri kita sendiri.

Mungkin sesekali kita sebagai manusia pernah lalai dalam 3 hal tersebut dan apakah itu langsung menjadikan diri kita seorang yang munafik ? sedangkan hukumannya di mata Allah orang yang munafik itu sangatlah berat.

Sorry OOT (Out of Topic), sebab mumpung ingat nih. Apa’ Idi pernah mendengar dalam suatu tausyiah bahwa hukuman teringan di neraka adalah “Telapak kaki di bakar sampai otaknya mendidih” ..Na’udzubillah……

Ok.. back to topic😀, lalu bagaimana tuh… munafik apa enggak nih… Nah disini menurut Apa’ Idi baru ada perbedaannya. Jika orang yang mendapat hidayah dari Allah maka ia akan segera bertaubat, karena taubatan nasuhalah obatnya. Namun berbeda dengan orang yang menjadi “benar benar calon atau seorang munafik”, mereka akan menganggap itu hal yang biasa dan hanyalah sebuah peraturan:(.

Semoga mereka dan khususnya Apa’ Idi tidak menjadi golongan yang seperti itu. Amiiinnn

Wassalam.

One Response

Subscribe to comments with RSS.

  1. indoneter said, on June 11, 2009 at 8:30 pm

    jangan nyampe’ deh msk kriteria, amin.. amin..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: