Life is for Exam

Tingkatan Muslim

Posted in Diary, Islami by hamidin on October 1, 2007

Assalamu’alaikum

Ahad ini sehabis sholat subuh Apa’ Idi mendengarkan tausyiah dari pak Budi di musholla deket rumah. Memang biasanya pada bulan ramadhan ini tiap ahad sehabis sholat subuh diadakan kuliah subuh atau tausyiah untuk menambah keimanan kita sebagai muslim.

Cukup menarik yang diterima Apa’ Idi dan terutama teteeeeeeppppp yang di terima oleh logika serta akal pikiran kita sesuai dengan fitrahnya sebagai manusia. Apa’ Idi coba tuangkan disini yah….


Manusia muslim itu tujuannya adalah menjadi muttaqin (orang yang bertaqwa), karena sudah di jamin oleh Allah kalau orang yang bertaqwa itu akan mendapat surga. Urutannya sebagai berikut : Islam —> Iman —> Ihsan —> Ikhlas —> Taqwa

Untuk menjadi islam syaratnya adalah mengucapkan 2 kalimat syahadat yang berisikan tentang pengakuan dirinya akan Allah dan Muhammad sebagai utusannya, sedangkan tingkatan tertingginya adalah Taqwa. Ada hadits yang menyebutkan intinya bahwa umatnya akan masuk surga bagi yang menginginkannya, jadi kalau yang lain (selain islam dan tidak menginginkan) itu akan masuk neraka…. Namun… pengertian ini bukan berarti setiap orang islam itu akan masuk surga, islam itu bukan hanya sekedar KTP loh yah……

Mengenai tingkatan ini insyaAllah kita sebagai makhluk yang di beri kelebihan akal dapat memikirkan / menilai sendiri.., bahkan ada kalimat yang intinya hitunglah dirimu sendiri dahulu sebelum di hitung oleh Allah.

Ada lagi bahasan yang cukup seru…, yaitu tentang perjalanan kita. Perjalanan kita kalau dituliskan adalah sebagai berikut.

Alam Arwah –> Alam Rahim –> Alam Dunia –> Alam Kubur –> Azab Kubur —> Barzah —> …. —> Alam Akhirat

Pengertiannya atau penjelasannya kurang lebihnya dimulai dari alam arwah lalu alam dunia setelah itu alam kubur dan akhirnya alam akhirat yang waktunya tidak terhingga, kok tidak terhingga ? lah…. jelas…. kalau pada alam arwah – alam kubur ada batasan waktunya dan hanya Allah yang mengetahui waktu pastinya.

Awalnya sebelum menjadi suatu makhluk yang sempurna ini kehidupan ini dimulai dari alam arwah lalu semenjak ditiupkan ruh pada kita maka kita hidup di alam rahim (umumnya sih 9 bulan 10 hari) hingga kita dilahirkan dan hidup sebagai manusia seutuhnya (alam dunia). Banyak yang manusia lakukan dalam alam dunia hingga akhir hayatnya dan tibalah di alam kubur. Dalam alam kubur akan terdapat 2 pilihan yang akan kita hadapi yaitu nikmat kubur atau azab kubur (bukan siksa loh yah…. karena bukan secara fisik di alami). Kehidupan di alam kubur ini berlangsung terus sampai nanti hari kiamat tiba. Pada hari kiamat itu semua di bangkitkan dan mulailah dengan proses penimbangan, dll (Apa’ Idi tidak hafal secara detail, nanti kalau dah hafal akan di update atau ada penulisan tersendiri. Yang jelas pada awalnya yang akan di lihat adalah sholat kita sebagai makhluk ciptaanNya). Kalau sudah dilakukan proses itu maka kita akan terima report / hasil yaitu jika kita terima kitab pada tangan kiri maka sudah jelas kita akan pergi ke alam Neraka (Naudzubillah) dan jika kita terima di tangan kanan maka kita menjadi nominasi ke surga. Kok nominasi …? yup… karena dosa dosa kita akan di “hapus” kan dulu di neraka (bahasa premannya…, lewatin neraka dulu baru akhirnya ke surga). Perjalanan di akhirat itu dalam waktunya yang tidak terhingga….

Begitu kurang lebih penjelasan tentang hari ahad ini, semoga bisa di mengerti… maklum namanya juga penulis kagetan hehehehhe. Yang benar dari Allah dan yang salah adalah dari diri Apa’ Idi sendiri.

Semoga kita semua menjadi makhluk yang sadar dengan betapa sangat kecilnya kita di hadapan sang khalik.

Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: